Kamis, 21 Januari 2016

PERANAN TEUNGKU CHIK DI TIRO DALAM MEMPERTAHANKAN KERAJAAN ACEH DARUSSALAM


Menurut penelitian Van Langen, ada seorang ulama dari tanah jawa sekembalinya menunaikan ibadah haji di Mekkah telah singgah di Aceh, yaitu pedir, mengajar ilmu agama dan menetap di sana. Hasil pendidikan yang di kembangkannya mendapat pujian kemana-mana, dan Sulthan sendiripun menaruh simpati kepadanya. Diapun di beri kuasa pula oleh Sulthan untuk menjadi kadhi(wali hakim) di sekitar wilayah masjid raya Pidie. Setelah beberapa waktu berada di sana, diapun kawin dengan seorang wanita terkemuka di Klibeut dan tinggal di sana. Karena itu pula Ulama ini di biasakan di panggil oleh penduduk dengan sebutan Teungku Pakeh Klibut.
            Teungku Pakeh Klibut mempunyai seorang putra bernama Teungku Ubit setelah memiliki ilmu pengetahuan agama atas pendidikannya ditugaskan oleh sang ayah untuk mengajar/ menjadi guru mengaji di Tiro Cumbok. Tidak beberapa lama Teungku Ubet kawinlah di Tiro Cumbok dan menetap di sana.
            Teungku Sindri adalah ulama yang telah menunaikan hajinya ke Mekkah dan menurut Sumber di atas Teungku Sindri ini berasal dari Bugis. Teungku Aceh Klibut mempunyai seorang analk perempuan, saudara Teungku Ubit dan dikawinkanlah dengan Teungku Sindri ini untuk menggantikan jabatan kadhinya.
            Dengan perkawinan Teungku Sindri (Bugis) dengan putri Teungku Pakeh Klibut(jawa), lahirlah seorang laki-laki dan diberi nama Mat Saman. Pemuda Mat Saman ini selain belajar agama dari kedua orang tuanya, dia juga mengikuti pendidikan agama dari Tgk Chik Mat Amin dari dayah Tjut di Tiro, Keumangan. Karena ketekunannya belajar dia menjadi santri yang cerdas dan kemudian setelah memperoleh ilmu agama yang tinggi di kenal dengan Teungku Chik di Tiro, jadi nama Tiro adalah nama Tempat ia menuntut ilmu Agama. Untuk di ingat bahwa “Teungku Chik di Tiro adalah orang Aceh yang di lahirkan dengan membawa darah Bugis dan jawa”.
            Mungkin karena pengaruh ibunya atau karena gelora darah jawa di dalam tubuhnya yang telah menolong Teungku Mat Saman untuk memilih sang isteri dari keturunan jawa di Garot (Garot Pidie). Tetapi karena tidak memperoleh keturunan diapun kawin lagi dengan anak perempuan Teungku Ubit bin Teungku Pakeh Klibut keturunan Bugis di Tiro Cumbok. Dari perkawinannya ini Teungku Mat Saman memperoleh tiga orang anak: (1) Teungku Mat Amin. (2) Teungku Mahidin (Mayed). (3) Teungku Mat Amin Tiro.
            Menurut profesor Dr. Teungku Ibrahim Alfian : Ulama Besar Teungku Chik Di Tiro Muhammad Saman mempunyai 4 orang putera. Semua syahid, yaitu Tgk. Mat Amin 1896, Tgk. Di Teungkop 1899, Tgk. Di Bukit 21 mei 1910, Tgk. Mahidin (Mayed Pen) 5 September 1910.
            Teungku Mayed di Tiro, anak nomor dua dari Teungku Chik di Tiro ( Teungku Muhammad Saman di Tiro) mempunyai beberapa orang anak antara lain Tgk. Umar Tiro dan seorang Anak perempuan. Anak perempuan inilah yang menjadi ibu dari Hasan Muhammad Tiro. Jadi Hasan Muhammad Tiro adalah cucu dari seorang Teungku Chik di Tiro.
            Setelah mendapat laporan pada tanggal 27 Desember 1973 dalam pertempuran di Lamboe “ Aceh Besar, di mana rakyat Pidie ikut  mengirimkan pasukannya sejumlah 1500 orang lengkap dengan persenjataannya, Rakyat Garotpun ikut aktif mengirimkan bantuan untuk membangun kembali benteng Kuta Asan Pidie untuk menangkis pendaratan Belanda di Aceh Besar di bantu oleh pasukan dari pasukan dari Pidie. Maka Van Swietenpun memerintahkan suatu Eskader kapal perangnya yang terdiri dari “Zeeland” “Metalen Kruis”, “Citadel” dan “Anwerpen”, “Borneo” dan “Banda” bertolak ke Pidie untuk menghancurkan pertahanan rakyat di situ. Tanggal 28 Desember kapal-kapal itu berlayar di pidie dan Besoknya tanggal 29 Desember 1973 sudah berada di Kuala Pidie.
            Pada tanggal 30 Desember 1973, dengan serta merta berdetumlah suara letusan meriam dari kapal-kapal itu menuju ke rakyat banyak (pasar-pasar, kedai-kedai, rumah-rumah penduduk kampung) dan kemana saja secara membabi buta, tanpa mempunyai tujuan tertentu. Tanggal 31 Desember 1973 Belandapun mengadakan percobaan pendaratan. Sejumlah besar tentara laut (marinier) dikerahkan turun dalam perahu lengkap dengan senjata. Dengan diam-diam pasukan Pidie telah mengendap menanti kedatangan musuh tatkala mereka hendak mmenginjak kakinya ketanah, merekapun di sambut dengan serangan oleh pihak Aceh. Seharian terjadi pertempuran dan pada hari itu pula silih berganti perahu perang balik kekapal mengantar korban dan mendatangkan penggantinya. Akhirnya setelah petang hari Belanda mengambil kesimpulan tidak mungkin mematahkan perlawanan di situ. Mereka melihat bahwa dalam sementra itu menderu saja bala bantuan dari pedalaman. Akhirnya Belandapun berusaha menyelamatkan diri, mengangkut tentara lautnya yang masih bisa di selamatkan dan seterusnya bertolak menuju Ulehleh. Diperoleh petunjuk bahwa semenjak inipun Tgk. Chik di Tiro telah aktif mengambil bagian memimpin rakyat daripedalaman ikut bertempur melawan Belanda baik di Pidie maupun di Aceh Besar.
            Sulthan Mahmud Syah meninggal dunia karena serangan kolera setelah istana Sulthan di duduki Belanda pada tanggal 24 Januari 1874. tanggal meninggalnya perkiraan antara tanggal 28 Januari 1874 hal ini terkait dengan informasi yang di peroleh oleh Belanda dan selanjutnya di laporkan kepada Gubernur Jendral di Jakarta dengan kawat tanggal 28Januari 1874 bahwa di peroleh khabar bahwa Sulthan Mahmud Syah telah meninggal Dunia oleh kolera. Sehubungan dengan itu di kemukakannya pendapat sebagai berikut :
Jika berita kematian Sulthan benar keadaan akan lebih mudah, tapi benar tau tidakpun saya berpendapat bahwa tidaklah tepat lagi untuk mengikat perjanjian dengan Sulthan ini atau dengan Sulthan yang lain, atas alasan bahwa mereka telah membunuh utusan kita. Menguasai sendiri adalah lebih tepat “ eigen beheer is better”
Tentang saat meninggalnya Sulthan Mahmud Syah prof. Dr. T. Ibrahim Alfian dalam bukunya wajah Aceh dalam lintasan Sejarah, hal 90, mengemukakan sebagai berikut:
            “Setelah dalam dapat di rebut oleh Belanda pada tanggal 24 Januari 1874. Belanda menghentikan dahulu agresinya dengan harapan dapat tercapai persetujuan semacam traktat Siak dengan Sulthan Aceh. Pada tanggal 29 Januari 1874 Sulthan Mahmud Syah Mangkat di pagar Ayer terlilit penyakit koera dan di makamkan di Cot Bada. Pemimpin-pemimpin Aceh tetap menerusakan perklawanan terhadap Belanda”.
            Bagian yang penting dari segi peraturan politik, yang diselenggarakan dengan cepat oleh pihak Aceh yaitu menggantikan Sulthan yang telah meningal. Para panglima sagi yaitu Pangliuma Polim dari 22 Mukim, Tjut Lamreung dari 26 Mukim dan Tjut Banta dari 25 Mukim telah bulat mufakat memilih Sulthan
(Twk. Muhammad Daud Syah, Pen.) yang masih berumur antara enam dan tujuh tahun naik tahta dengan pangkuan dewan mangkabumi (pemangku). Tuanku Hasyim yang di tunjuk sebagai ketua dewan mangkabumi (pemangku) adalah merupakan pejabat yang berwenang bertindak atas nama Sulthan.
            Mengenai umur Twk. Muhammad Daud pada saat di angkat menjadi Sulthan atau pada waktu Sulthan Mahmud meninggal dunia ada tiga versi: Versi pertama: Berumur 4-5 tahun, Versi kedua : Berumur 6-7 tahun, Versi ketiga 9 tahun ( berdasarkan laporan dariu Van Switen kepada Gubernur Jenderal Laudon tanggal 10 Februari 1874 yang berbunyi sebagai berikut: Indonesianya:” tak seorangpun yang datang Raja-raja menjauhkan diri dan mereka telah memilih tuanku Daud yang berusia 9 tahun, cucu almarhum Sulthan Mansyur Syah untuk menjadi Sulthan dengan di pangku oleh 4 orang wali.
            Mengenai penobatan Twk. Muhammad Daud menjadi Sulthan menurut Prof. Dr. T. Ibrahim Alfian  adalah pada tahun 1878 ( empat tahun setelah Sulthan Mahmud Syah meninggal dunia. Pen) sebagaimana di ceritakannya dalam buku wajah Aceh Dalam lintasan sejarah , hal 98 yang berbunyi sebagai berikut:
            “ Untuk menunjukkan pada dunia luar, bahwa Aceh masih mempunyai pemerintahan, maka sesuai dengan hukum adat pembesar-pembesar Aceh menobatkan tuanku  Muhammad Daud Syah sebagai Sulthan yang menetap di Masjid Indrapuri pada tahun 1878. selama  Twk Muhammad Daud Masih Belum dewasa pemerintahan di jalankan oleh Twk Hasyim seorang yang sangat taat kepada agama sebagai mangkubumi”.
            Dalam bulan Januari 1876, raja Pidie Teungku Pakeh dalam telah di hadapkan dalam suatu fait accompli. Dia lebih setahun berada di Aceh Besar membantu perjuangan di pihak Aceh, sepulangnya di pidie, dari kapal perang belanda yang mengurung pantai itu di sampaikan kepadanya  kata dua mengakui kedaulatan Belanda atau dibombardemen kembali. Teungku Pakeh Dalam memberi tahu bahwa rakyat sudah  benci Belanda karena pemboman Kuta Asan dan penyerangan Belanda, di Akhir Desember 1873.Belanda bersedia mengganti kerugian rakyat, tapi dengan lain perktaan sebetulnya Belanda berusaha melunakkan Twe Teungku Pakeh Dalam dengan menyumbangnnya uang Sebesar f. 50.000. Padea Tanggal 28 Februari 1876 Teungku Pakeh dalam meenandatangani pernyataan mengaku takluk kepada Belanda dengan mengangkat sumpah, di samping mengangkat sumpah Tgk. Pakeh Dalam harus pula membenarkan Belanda mendirikan bentengnya di Pidie. Pada tanggal 4 Juni 1876 Belanda mendaratkan pasukannya dan menempati benteng Kuta Asan di bawah komando mayor H.R.F van Teyn.
            Rakyat menjadi amat marah dengan pendaratan tentara Belanda  yang kemudian menduduki benteng Kuta Asan di Pidie pada tanggal 10 Juni 1876, terus melakukan perlawanan dan pada Bulan April dan Mei 1878 benteng itu di serbu oleh rakyat di bawah pimpinan Ulama Tiro, demikianlah pertempuran berkecamuk di mana-mana dalam wilayah Luhak Pidie dan berlangsung puluhan tahun lamanya.
            Dalam bulan Juni 1877 Habib datang ke Garot (Pidie) menemui pahlawan Ulanma Tgk Muhammad Saman di Tiro, dan Iman Long Bata, yang juga datang kesana, untuk bermusyawarah mengenai strategi perjuangan melawan Belanda hasil pertemuan itu adalah medan perang Pidie dipergiat, gerilya di Aceh Besar harus lebih di aktifkan, teerutama penyerangan ke ibu kota (Kutaraja) dan pos-pos Belanda lainnta .sesuai dengan rencana Tgk. Chik di Tiro berangkat ke Aceh Besar dan mulai memegang peran aktif di medan ;perang sekitar pemimpin perang sabil. Terutama dengan di dukung murid-muridnya baik yang sudah berada di Aceh Besar, maupun yang terus membanjir dari Garot, Tiro dan dari bagian lain dari Luhak Pidie.
            Dalam bulan Maret1878 Habib Abdurrahman menyerang lam Karak. Dua bulan kemudian di adakan musyawarah di antara pemimpin pemimpin Aceh betrtempat di Cot Bada untuk membuat rencana menyerang pertahanan Belanda. Pada bulan Juni 1878 Habib Abdurrahman bersama lebih kurang 2000 orang pasukan menyusup melalui jalan gunung dan menduduki Leupueng serta lembah Gle Taron dan bersama T.Nanta menguasai Lhoong dan menyerang pos-pos Belanda di Krueng Raba, Bukit seuboin dan Peukan Bada. Kemudian Habib beserta pasukan-pasukannya dapat di pukul mundur. Ia mengadakan hubungan dengan Tgk. Chik di Tiro yang sedang menggempur Belanda di Sigli, dan kemudian Habib mengambil posisi di Montasik  untuk mempersiapkan penyerangan baru di Mukim  IV Aceh Besar.
            Tekanan dari pejuang-pejuang Aceh berja;an terus. Hal ini menyebabkan Belkanda mengirimkan kekuatannya kebagian Selatan Aceh Besar dan Aceh Barat pada Februari dan Maret 1878. Begitu juga karena adanya serangan yang terus menerus dari Tgk. Chik di Tiro terhadap pos-pos Belanda di Gigieng Pidie, maka dalam Bulan April dan Mei 1878, Belanda mengirimkan pasukan-pasukannya ke sana di bawah pimpinan Mayor W.W. Coblijn.
            Peristiwa penyerangan Mukim VI, Aceh Besar pada tanggal 16 Juli 1878 oleh Pasukan Habib Abdurrahman di bawah pimpinan Nyak Abu , menyebabkan Belanda mengadakan kembali agresinya  di Aceh Besar. Van der Heijden membersihkan daerah-daerah yang telah di kuasai oleh Habib Abdurrahman dan Tgk Chik di Tiro. Operasi Van der Heijden ini di mulai satu minggu setelah pasukan Habib memasuki mukim VI, yaitu tepatnya pada tanggal 23 Juli 1878. pada tangggal 25 juli 1878 benteng seuneulop dapat di rebut oleh Belanda dengan korban di pihak Belanda 6 orang Mati dan 42 luka-luka, kekalahan Habib di Bentengnya yang terkuat Seuneulop, membuat Habib ragu-ragu untuk dapat memperoleh kemenangan jika meneruskan perlawanan dengan menghadapi persenjataan Belanda yang amat kuat, karenanya ia mengadakan hubungan dengan pihak Belanda dan iapun berangkat ke Jeddah pada tranggal 23 November 1878 dengan mendapat tunjangan sebesar 12.000 ringgit saban Tahun dari pihak Belanda.
            Setelah Belanda mendirikan Benteng di Sigli berkali-kali mendapat serangan dari Tgk Chik di Tiro terhebat pada bulan April dan Mei 1878. Benteng Belanda di Pidie. Pada waktu itu di bawah komando kapten J.A Vetter ( 20 Tahun kemudian telah memperoleh pangkat letnan Jendral). Dalam penyerbuan  Tgk di Tiro 28/29 April 1878, Vetter kehilanghan letnannya Schutter dengan beberapa bawahannya.
            Akibat serangan terus menerus dari pasukan Tgk Chik di Tiro, mereka terpaksa bertahan dalam benteng, karenanya Belanda terpaksa meminta bantuan tambahan dan pada tanggal 7 Mei 1879 pasukan bantuan datang di bawah pimpinan mayor Coblijn. Belanda merencanakan akan menyerang ke kubu-kubu pertahanan Tgk Chik di Tiro dimana saja, di Pidie termasuk di Garot maka jendral Vander Heijden memutuskan bahwa dia sendiri akan tampil memimpin penyerangan di maksud.
            Pda tahun 1883 Twk Muhammad Daud Syah dianggap sudah dewasa untuk menjalankan tugas sebagai sulthan. Sulthan yang masih muda itu di akui setiap orang Aceh. Baginda di bantu oleh Tuanku Hasyim sebagai raja muda dan Tgk Chik di Tiro, yang turut menghadiri periustiwa itu sebagai kadhi.
            Setelah Twk Muhammad Daud di tabalkan menjadi sulthan, ia berseru kepada para Uleebalang agar meneruskan dan pengumpulan harta benda untuk perang sabil. Di samping itu di angkat pula untuk Wilayah Aceh Barat T.Umar sebagai Amirul Bahri atau panglima laut dan Tuanku Mahmud, Bangta kecil , adik Twk Hasyim Bangta muda sebagai wakil sulthan.
            Teungku Chik Di Tiro( Tgk Muhammad Saman) dengan pasukan-pasukannya yang bersenjata, baik yang di kerahkan oleh rakyat kampung, merupakan pasukan bersenjata yang dapat bergerak cepat dengan di bantu oleh pasukan pemimpin-pemimpin  dan Tgk Chik di Tiro tiba-tiba muncul di Mukim XXII lalu tampak pula di mukim XXVI. Dalam Agustus 1883 datanglah bantuan kurang lebih 500 orang dari pantai Utara dan pada bulan Juli 1884 pasukannya di perkuat lagi oleh 250 orang dari berbagai daerah dengan mengambil tempat di mukim XXVI. Penyerangan-penyerangan tewrus di lanjutkan sehingga Belanda terpaksa mengundurkan diri Dari mukim XXII dan sebagian dari mukim XXVI dan terpaksa bertahan di belakang lini pos-posnya yang kuat. Panglima perang Nyak Makam yang giat bergrilya di Aceh Timur langkat dan deli datang di Aceh Besar serta turut berperan dalam serangan-serangan terhadap belanda, antara lain menyusup ke pulau.
            Mengenai riwayat hidup Teungku Chik Di Tiro belum banyak yang dapat di ceritakan. Suatu sumber mengatakan bahwa ketika habib datang dari luar negeri dan mengadakan musyawarah di keumala dengan Sulthan Polim, Imam long Bata dan para terkemuka lainnya, kepada Teungku Chik di Tiro telah di beri kuasa untuk mengerahkan perang semesta di bagian Aceh Besar. Untuk keperluan ini beliau di angkat menjadi Wazir sulthan.
            Meningkatnya perlawanan terhadap Beelanda di Aceh Besar dalam Tahun1877 dan 1878, selain dilancarkan oleh Habib Abdurrahman dapat di pahami juga, di  lancarkan oleh Tgk Chik di Tiro yang tampil kedepan sebagai pemimpin  sabil di bagian Aceh Besar. Dengan berkecamuktyan perang di bagian Pidie juga di pimpin pula oleh Teungku Chik di Tiro, nyatalah bahwa Ulama Besar ini tidak hanya memimpin sabil di Aceh Tapi juga memimpin sabil di daerah Pidie.
            Penyair Doekarim mengisahkan Tentang Teungku di Tiro sebagai berikut: Masuk ke Aceh Besar dengan pengikutnya yang banyak para patriot Pidie beliau telah bertapa lebih dahulu ke lampaih, untuk beberapa bulan lamanya. Banyaklah penduduk berziarah ke tempat ini ,banyak pula yang berelajar . banyak pula Teungku Syeh Saman yang melahirkan Kader-kader pejuang yang selanjutnya tersebar ke tempat-tempat pejuang di Aceh.
           
            Lampaih itupun merupakan tempat Teungku Chik di Tiro menerima orang yang insaf kembali, mulai dari golongan uleebalang sampai orang hukuman pun ada juga di catat tentang datangnya orang-orang tionghowa dan selain itu datangnya dua orang perwira bawahan belanda yang di sersi (lari) , insaf sesudah memperhatikan kesucuian pejuang Teungku Di Tiro dan mengetahui keganasan bangsanya. Kedua orang Belanda itu menyebrang untuk membantu dengan sepenuh hati, pada Teungku Chik di Tiro pengetahuan mereka tinggi, ahli membuat senjata api dan obat bedil, cukup bermanfaat untuk perjuangan ketika diketahui buktinya.      
           
            Di ceritakan oleh Doekarim bahwa Tgk Chik Di Tiro giat memberi nasehat dan petunjuk betapa besar dosanya membiarkan orang kafir menguasai tanah air orang islam. Mereka yang insaf mendapat ampun tapi mereka yang tidsak insaf akan menerima bagiannya. Itulah pula sebabnya meraka yang menjadi mata-mata musuh tidak di beri kelonggaran sedikitpun, lebih-lebih pula terhadap pisau tajam dua belah . pada suatu ketika Uleebalang angkatan Belanda. Teungku Anak Paya  dari IV mukim telah di desak Belanda supaya menunjukkan tempat Tgk Chik di Tiro. Dengan Hati Berat Tgk Anak Paya menjalankan desakan ini, tapi sebelum berangkat telah di utusnya seorang suruhan untuk memberi lahu lebih dahulu kepada Tgk Syeh Saman di Tiro  bahwa tentara Belanda akan Datang pada waktu dan jam yang disebutkannya, ketika mana ia ajakan turut sebagai  penunjuk jalan. Tapi di mintanya supaya dia jangan di tembak terhadap pemberitahuan itu sadarlah Tgk  Chik Di Tiro bahwa Tgk Anak Paya tidak dapat di percaya. Pada suatu kesempatan yang baik , Tgk anak payapun mati terbunuh.. dengan ketegasan Tgk Chik Di Tiro itu tidak mengherankan  apa sebabnya penyelewengan Habib tidak berakibat kelemahan perjuangan. Melainkan sebaliknya  Tgk Chik Di Tiro semakin sadar bahwa keteguhan tekad menyempurnakan tegas di jalan Allah (fi sabilillah)adalah syarat pertama untuk mencapai kemenangan. Ketika Teuku Umar  berada di Aceh Besar, selalulah keduanya memusyawarahkan taktik strategi perjuangan dan dimana perlu mengkoordinasikan itulah sebabnya Belanda sangat terpukul sekali di masa itu.
            Pada bulan Oktober 1887 pasukan Tgk Chik di Tiro dengan kekuatan 400 orang memasuki Garis pertahanan Belanda antara meusapi dengan Raja bedil. Dalam pertempuran itu di pihak Aceh 41 orang tewas, sedangkan di pihak Belanda 4 orang mati dan 17 luka-luka. Adanya serangan seperti ini membuat Van Teijn mulai sedikit demi sedikit meninggalkan politik menunggu, baik sekitar garis pertahanan konsentrasi maupun di luar Aceh Besar ia menjalankan politik yang lebih Aktif, untuk membendung dan melawan pengaruh T. Umar dan Twk. Mahmud yang bertindak sebagai wakil Sulthan di Aceh Barat serta pengaruh Tgk Yusuf utusan Tgk Chik di Tiro ( Muhaammad Saman, pen) di daerah tersebut, bahagian-bahagian tertentu pantai Aceh di Tutup untuk Impor dan ekspor serta di larangan penangkapan ika juga di laksanakan sebagai hukuman terhadap oarang-orang Aceh yang membantu tokoh-tokoh tersebut di atas sepanjang kekuatan armada Belanda mengizinkannya.
            Pada bulan Juli 1889 Tgk. Chik Di Tiro ( Tgk Muhammad Saman,Pen) Penghantam kedudukan Belanda di dekat Kota Pohama, hanya beberapa kilometer dari Kuta Raja, dengan korban 22 orang mati dan 94 lorang luka-luka di pihak Belanda. Belanda mengadakan serangan balasan terhadap benteng Aceh di tempat ini dan akibatnya di pihak Aceh ada yang menyerah dan beberapa puluh orang mati syahid.
Pada bulan Januari 1891 Tgk Chik di Tiro Muhammad Saman telah berpulang ke rahmatullah, yang kemudian di susul oleh T. Panglima Polem Muda Kuala.. Syaikh Muhammad Saman di gantikan oleh Anaknya bernama Tgk Muhammad Amin sebagai Tgk Chik di Tiro dan di akui oleh Sulthan Muhammad Daud. Tgk Panglima Polem Muda Kuala yang di gantikan oleh Putranya T.Raja Daud. Ia dio bantu oleh dua Panglimanya, abang iparnya T. Ali Basyah dari Geudong dan T. Ibrahim montasi. Raja daud bekerja sama dengan ulama-ulama yaitu Tgk Mayet Tiro ( putera no.2 dari Tgk. Muhammad Saman Tiro), Tgk Klibeut, Habib Lhong dan tgk Pante Glima mendirikan benteng-benteng untuk menghadapi serangan Belanda di Mukim XXII.
            Setelah meninggalnya Tgk Chik di Tiro, Mulai juli 1891 sampai dengan Februari 1892 Dr. Snouck Hurgronje mengadakan penyelidikan mengenai agama dan politik Aceh untuk mengetahui bagaimana sikap para ulama dengan meninggalnya Tgk chik Di Tiro Muhammad Saman dan bagaimana pengaruh mereka serta jalan manakah yang harus di tempuh oleh sulthan aceh dalam memenuhi kehendak para ulama. Sebagai hasil penelitiannya Snouck Hurgronje berkesimpulan bahwa pada umumnya yang di hadapi oleh belanda adalah sebuah gerakan rakyat fanatik yang di pimpin oleh ulama dan mereka ini hanya dapat di taklukkan bila mana Belanda mempergunakan kekuatan senjata dan kontak dengan mereka tidak boleh di adakan sebelum mereka menyerah.
            Inti sari pendapat yang di simpulkan oleh  Dr. Snouck Hurgonje mengenai penyelesaian Aceh ialah:
 
1.      Hentikan usaha mendekati sulthan dan orang-orang besarnya, sebab sulthan itu katanya , sebetulnya tidak berkuasa. Kalau dia dapat di ajak damai, tidaklah dengan sendirinya berarti yang lain-lain akan turut serta damai. Mengenai fungsi sultan, Snouck Hurgronje di dalam bukunya telah menunjuk surat yang pernah di sampaikan oleh ulama Tgk Chik di Tiro kepada Belanda ketika ulama Tiro menyatakan : “ herannya kenapa Belanda selalu saja Berusaha untuk mencari Hubungan dan Mendekati Sulthan. Menurut Chik Tiro kata Snouck, sulthan tidak dapat berbuat apa-apa tanpa berunding dengan Tgk. Kali Malikul Adil, Tgk Ne’ , Panglima Mesjid raya dan Imam Longbata. Tapi pembesar yang 4 inipun tidak dapat berbuat apa-apa karena mereka tergantung pada 3 Panglima Sagi tergantung pula pada ketujuh kaum, yaitu wakil rakyat. Sedangkan rakyat tidak akan berbuat apa-apa kalau tidak sesuai dengan pendapat-pendapat ulama. Selanjutnya ulama akan mengumumkan pendapatnya menurut Hukum Allah dan Rasul. Demikian Hierarchinya wewenang itu kata Tgk. Chik Di Tiro, menurut Dr. Snouck Hogronje”
2.      jangan mencoba-coba mengadakan perundingan dengan musuh yang Aktif, terutama jika mereka terdiri dari para ulama. Sebab keyakinan merekalah yang menyuruh mereka melawan Belanda. Terhadap mereka haruslah pelor yang berbicara.
3.      Rebut lagi Aceh Besar.
4.      untuk mencapai simpati rakyat aceh giatkan pertanian, kerajinan dan dagang.
Selanjutnya di usulkan:
v  membentuk biro informasi buat staf2 sipil, yang keperluannya memberi mereka penerangan dan mengumpulkan pengenalan mengenai hal ihwal rakyat dan negeri Aceh.
v  Membentuk kader-kader pegawai negeri yang terdiri dari anak bangsawan Aceh membikin korp pangreh praja senantiasa merasa diri kelas memerintah
Dari tahun 1898 sampai 1903 adalah babak pertempuran habis-habisan bagi Sulthan, polim, umar demikian juga bagi ulama Teungku Chik di tiro ( Tgk Mayet). Sejak 1 juli 1898 mulai berkecamuk perang habis-habisan di Pidie, hingga sebulan lamanya seorangpun belum ada Tokoh-tokoh penting di pihak Aceh yang tewas (syahid). Sebaliknya di pihak Belanda sudah banyak di timbulkan korban, sekalipun hanya dari pangkat kapten ke bawah.
            Pada penyerangan Belanda kedua di Tangse pada tahun 1898 telah di putuskan untuk membagi-bagi tugas dari para pahiawan Sulthan Panglima Polim, T. Umar dan Tgk. Chik di Tiro ( Tgk Mayet)yang dalam waktu sebelumnya sudah berada di sana, mengatur lagi siasat perang untuk menghadapi kenyataan-kenyataan yang ada.
            Pada bulan November 1902, Belanda menanggap istri Sulthan Pocut Putroe, di tahan di sabang dan kemudian pada tanggal 23 Desember 1902, isteri kedua Pocut  di Murong dan Putra Mahkota Twk. Ibrahim (14 tahun) di tangkap oleh Belanda. Belanda menetapkan bahwa isteri-isteri dan putra mahkota sulthan baru di lepaskan jika di tebus dengan dirinya sendiri.
            Pada masa inilah Sulthan kehilangan pedoman dalam kewajiban harus bergantung pada kepentingan perjuangan, karena mungkin ia dalam waktu yang sama sedang menyadari benar tanggung jawabnya yang harus di pikul terhadap keluarga yang sedang meringkuk dalam kesewenang-wenangan Belanda.
Sulthan menyerahgkan diri
            Akhirnya sulthan memilih untuk menebus keluarganya dengan dirinya. Ini berarti bahwa dia menghentikan perjuangan terbuka. Usaha yang masih dapat di lakyukannya sebelum menyerah ialah mengirimkan pesan kepada Panglima Polim dan Teungku Chik di Tiro Muhammad Saman telah meninggal dunia pada tahun 1891 Aneuk Galong aceh Besar, Kedudukannya digantikan oleh putranya tertua Tgk. Mat Amin, yang selanjutnya sebagai Tgk Chik Di Tiro – Tgk Mayet, Tgk Mayet mati syahid di Gunung Halimun tangse pada Tahun 1910  dan mayatnya di jemput oleh masyarakat pulo mesjid 1 Tangse – { tanah kuburan milik T. Itam tangse- Pen} bahwa menyerahkan perjuangan kepada mereka). Setelah itu lalu dengan surat bertanggal 6 januari 1903 dikirimlah khabar olehnya kabar kepada Gubernur Van Heutsz di Kuta raja bahwa dia bersedia menyerah.
            Dalam penyerahan diri tersebut Sulthan menghendaki syarat-syarat, di antaranya bahwa dia tidak hendak bertanggung jawab kepada Belanda jika perlawanan masih berlanjut. Sebagai seorang raja, dia berkehendak mendapat perlakuan menurut biasanya kebiasaan  internasional yang zalim. Di samping itu Sulthan membuat beberapa ketentuan tentang prosedur penyerahan diri. Dia meminta tokoh-tokoh berat dari Aceh yang sudah berpihak kepada Belanda yang harus datang menjemputnya di satu tempat. Perwira tertinggi Belanda di bagian itu harus menjemputnya di tempat yang di tentukan, untuk kemudian bersama-sama berangkat ketempat di mana dengan resmi penyerahan di langsungkan.
            Van Heustz menerima kabar permintaan menyerah itu dengan sangat gembira. Van Heustz menyambut bahwa dia bersedia memenuhi syarat yang diinginkan oleh Sulthan kecuali dalam hal-hal yang dia sendiri tidak berwenang memutuskannyadan dalam hal yang mutlak tidak mungkin.
            Hal yang dia sendiri katanya tidak dapat memutuskan, ialah bahwa hanya kepada Gubernur jenderal Belanda di Jakarta tenggelam wewenang untuk menentukan bagaimana sulthan akan di perlakukan dan kemana Sulthan akan ditempatkan. Hal yang mutlak bahwa sulthan harus menandatangani penyerahan dimana akan di terangkan bahwa dia mengakui takluk dan dia tidak boleh mengadakan perlawanan lagi.
            Sesuai dengan permintaan, Van Heustz mengirim tokoh-tokoh yang mengelukan, yang akan di antar secara Khusus oleh kapal sibolga dari uleleh ke Sigli mereka itu ialah (1). Twk. Mahmud, Paman Sulthan. (2). Twk. Ibrahim, anak Twk. Hasyim; (3). Twk Husin, bekas panglima Aceh; (4) 2 orang uleebalang terkemuka  yang sudah bekarja sama, yaitu panglima XXV dan XXVI mukim; (5) Tiga anggota keturunan Polim.
            Sultan di jemput oleh mereka ke Arusan (ie Leubeu) lalu di antar ke Asam Kumbnang. Di jaman ( Beureunuen) telah menunggu kereta api Ekstra yang akan membawa Sulthan secara kehormatan naik melewati Sigli menuju ke peukan Pidie beristirat di sini. Tanggal 10 Januari 1903, Sulthan danm rombongan berangkat menuju Sigli. Sesampai di Stasion Sigli , Sultan di Sambut oleh pihak militer Belanda yang di kepalai oleh Mayor Van er Maaten sendiri.
            Tanggal 13 Januari 1903 Sultan, isterinya Pocut Murong dengan Rombongan pengiring sejumlah 175 orang bertolakdari Sigli menuju ke Uleleh dengan sebuah kapal perang “sumbawa” dan “dag” di uleleh telah menunggu kereta api ekstra, dalam coupe istimewa dia berangkat menuju Stasion Kutaraja, dimana kereta juri kenaikan Gubernur Van Heustz.
            Tanggal 15 Januari 1903 Sultrhan diterima oleh Van Heutsz dan Tanggal 20 januari 1903 diadakanlah upacara penyerahan diri sulthan Di tempat Gubernur. Hadirlah para pembesar sipil/militer Belanda dan para undangan. Sulthan membuat pernyataan dalam bahasa indonesia yang kemudian di terjemahkan oleh juru bahasa J.H. Mobeek, bahwa: (1) dia menyerahkan diri kepada Gubernur, (2) bahwa kerajaan Aceh sebagian dari Hindia, Belanda. (3) bahwa dia senantiasa setia kepada Ratu Belanda dan kepada Wakilnya gubernur Jendral dan (4) dia rela menerima segala sesuatu keputusan yang di tentukan kepadanya bahkan juga menjalankan perintah kepadanya. Sultan Muhammad Daud naik tahta tahun 1296 Hijriah, semasa (+/- 1876 Masehi)
            Selesai pernyataan, Van Heutsz menyambut dengan beberapa patah kata bahwa: (1) menerima penyerahan diri itu, (2) bahwa dia belum dapat menentukan sesuatu tentang dirinya melainkan menunggu ketetapan gubernur Jendral, (3) bahwa dia menantikan dari Sulthan supaya mengirim surat kepada Uleebalang dan kepala-kepala menyuruh mereka menyerah dan menghentikan segala perlawanan, dan (4) bahwa untuk sementara Sulthan dapat tunjangan sebesar f 1000,- sebulan.
Panglima Polim Menyerah
            Pada tanggal 6 September 1903, panglima Polim dan iparnya Twk Raja Keumala ( anak Twk. Hasyim) bersama 150 prajurit lengkap dengan senjata datang melapur pada kapten Colijn, selaku civiel gezaghebber di Lhok Seumawe. Atas persetujuan gubernur Jendral Belanda di Jakarta, panglima Polim di angkat menjadi Kepala Sagi Di Sagi XXII mukim terhitung mulai tanggal 1 Januari 1904. dengan demikian posisi panglima polim telah berubah menjadi uleebalang yang bekerja sama.
Bersama Panglima Polim dan Twk. Raja keumala turut menyerah Teuku Tjih, Lothan dan Raja Meukuta Geudong, Teungku Jjit serta Ayahnya awal bulan November 1903 menyerah lagi Raja Hitam dari Buloh Beureugang dan Tgk. Raja Lhokseumawepun juga telah datang menyerah Teuku Muda Peudada di Lhokseumawe Sesudahnya beberapa sebelum itu (dalam Tahun 1903) letnan Belanda Chistoffel “berhasil” menculik isteri dan anak-anaknya. Teuku ubit Samalanga menyerah dalam bulan Desember 1903.
Maklumat Ulama seluruh Aceh
            Setelah Indonesia Merdeka pada Tanggal 15 oktober 1946, di keluarkanlah “ maklumat ulama seluruh Aceh”  yang merupakan suatu pernyataan pengakuan rakyat Aceh terhadap republik Indonesia dimana daerah Aceh dan Rakyat aceh merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari negara Republik Indonesia. Maklumat Ulama seluruh Aceh tersebut terdiri dari 7 poin, di antaranya :
*      Perang dunia kedua yang maha dahsyad telah tamat. Sekarang di barat dan di Timur oleh 4 kerajaan yang besar sedang di atur oleh perdamaian dunia yang abadi untuk keselamatan makhluk Allah. Dan Indonesia tanah tumpah darah kita telah di maklumkan kemerdekaannya kepada seluruh dunia serta telah berdiri Republik Indonesia dibawah pimpinan ir. SUKARNO.
 
*      Seganap lapisan rakyat telah bersatu padu dengan patuh berdiri di belakang pemimpin ir. Sukarno untuk menunggu perintah dan kewajiban yang di jalankan.
 
*      Menurut keyakinan kami perjuangan ini adalah sambuangan perjuangan dahulu di Aceh yang di pimpin oleh almarhum Tgk. Chik di Tiro dan pahlawan-pahlawan kebangsaan yang lain.
 
*      Dari sebab itu bangunlah wahai bangsaku sekalian, bersatu padu menyusun bahu mengangkat langkah maju ke muka untuk  mengikuti jejak perjuangan nenek kita dahulu. Tunduklah dengan patuh kepada segala pemerintah pemimpin kita untuk keselamatan Tanah air agama dan Bangsa.
Maklumat ulama seluruh Aceh ini di tanda tangani oleh: (1) Tgk Haji Hasan Krueng Bale,(2) Tgk M.Daud beureueh (3) Tgk Haji Dja’far Sidik, (4) Tgk Haji Ahmad Hasballah Indrapuri, kesemuanya mewakili ulama dan di ketahui oleh T. Nyak Arif selaku Residen Aceh serta di setujui oleh Tuanku Mahmud selaku Komite Nasional.
            Maklumat ulama inilah yang secara yuridis formal dapat di anggap sebagai bukti pernyataan sikap dari seluruh Rakyat aceh yang di wakili oleh para Ulama yang cukup representatif, kepala pemerintahan di Aceh yaitu Residen Aceh dan ketua komite Nasional (Lembaga Legislatif) pada waktu itu, “ bahwa Aceh adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Republik Indonesia dan rakyat Aceh adalah bagian dari Bangsa Indonesia
                                                            *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar